Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. PENDAHULUAN
Selamat datang di blog saya. Hari ini adalah hari pertama bagi saya di BLC TELKOM KLATEN dan topik pembahasan kita kali ini adalah penyelarasan kurikulum SMK dan dunia kerja (dunia usaha/dunia industri).
B. PENGERTIAN
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan,ketrampilan dan kebiasaan kelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya melalui pengajaran dan pelatihan.
C. LATAR BELAKANG
Sebelum kita memasuki dunia kerja dan dunia industri kita harus mengetahui dan tahu penyelarasan kurikulum SMK dan dunia industri.
D. PEMBAHASAN
Krisis Multi Dimensi
- Krisis politik
- Krisis ekonomi
- Krisis sosial
- Krisis moral
- Krisis tenaga kerja
Implikasi Krisis Tenaga Kerja Profesional
- Kualitas pekerjaan buruk
- Produktivitas kerja buruk
- In-efisiensi kerja
- Tenaga kerja murah
- Kepercayaan investasi lemah
- Pencemaran lingkungan meningkat
- Kemajuan IPTEKS lambat
- dll.
Temuan Dilapangan Tentang SDM
- Rapuh dalam pengetahuan dan teknologi
- Rendah kreativitas
- Cenderung tidak efisien
- Kurang gigih dan tidak konsisten
- Tidak dapat menghargai waktu
- Tidak dapat menghargai orang lain
- Lemah dalam semangat team, kurang tanggung jawab dan kurang kredibilitas
- Kurang percaya diri, kurang santun, sulit bekerja dalam tim, kurang kreatif/berkreasi menyimpang
- Kurang bisa berkomunikasi secara baik, kurang imajinasi, kurang kemampuan memimpin
- Cengeng, boros, kurang gigih, sulit memberi solusi dalam keadaan yang rumit, dan
- Bangga menjadi pemakai, bukan menjadi penghasil teknologi
Dimensi Ketidakselarasan
- Kualitas (keahlian/kompetensi/ kualifikasi)
- Kuantitas/Berapa (proporsi)
- Lokasi/Di mana (distribusi), dan
- Waktu.
- Pendidikan menengah berbentuk SMA/MA dan SMK/MAK. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat [3])
- Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. (Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan Pasal 15)
Ciri Pendidikan Kejuruan
- Terutama diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memasuki lapangan kerja (Produktif).
- Didasarkan atas demand-market driven (kebutuhan dunia kerja).
- Fokus pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
- Penilaian taat asas terhadap kesuksesan peserta didik pada hands on atau performa di dunia kerja.
E. KESIMPULAN
Masih banyak terjadi kerenggangan antara murid dengan guru,seharusnya murid harus bisa konsisten apa tujuan awal masuk ke smk agar bisa terciptanya SDM yang baik
F. REFERENSI
Mbah Suro
G. PENUTUP
Dan itulah penyelarasan kurikulum SMK dan dunia kerja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.
Wassalamu'alaikumWr. Wb.
0 Comments