Cara Mengamankan Jaringan Dengan ARP (Address Resolution Protokol)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengamankan jaringan dengan ARP. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini. 

B. PENGERTIAN
    Address Resolution Protocol (ARP) adalah telekomunikasi protokol yang digunakan untuk resolusi lapisan Internet alamat ke link layer alamat, fungsi penting dalam jaringan komputer.

C. LATAR BELAKANG
    Memiliki bandwith yang besar dapat memicu seseorang agar terhubung dengan cara apapun. Untuk itu  dapat mengamankan sebuah jaringan dari sebuah kejahatan / kecurangan dan tidak semabarang client yang bisa menggunakan ip yang sudah terdaftar.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar kita bisa mengamankan jaringan mikrotik dengan ARP.

E. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Mikrotik
  • Kabel UTP
F. PEMBAHASAN

1. Pertama kita tambahkan dulu IP address dengan cara (IP > Address). disini saya memakai ether3.

2. Setelah memberi ip pada eth3. Lanjut ke tahap konfigurasi ARP.pilih menu IP > ARP, pada page ini kita dapat mendaftarkan ip dan mac address agar tidak semua client bisa terhubung ke jaringan dan hanya client tertentu.untuk menambahkannya klik tanda " + ".isi kolom dengan Valid.
Ket :
IP address : ip yang akan dialokasikan untuk client
Mac Address : mac address/nomor unik disetiap interface,masukkan sesuai dengan client yang ingin dialokasikan pada ip diatas

3. Kita bisa implementasi keamanan menggunakan ARP pada jaringan DHCP dengan mengaktifkan opsi "Add ARP For Leases". Opsi ini bisa di set melalui menu IP > DHCP Server > tab DHCP, double klik service DHCP, kemudian centang opsi "Add ARP For Leases"

3. Pindah ke menu IP > Address,pilih pada interface local,dan ubahlah pada bagian ARP menjadi reply-only.pada kondisi ini interface Router hanya akan merespon request client dengan kombinasi ip address dan mac address yang sesuai dengan tabel ARP yang kita buat,tanpa menambahkan entri ARP secara otomatis.
Setting ini akan melakukan blok terhadap client yang melakukan setting ip address manual, hanya client yang mendapatkan ip address dari proses DHCP yang boleh terkoneksi.

G. KESIMPULAN
    Dengan menerapkan konsep ARP pada sebuah jaringan kita dapat meminimalisir dari tangan tangan jail yang mengingkan sebuah keuntungan dengan merubah IPnya secara manual

H. REFERENSI
    http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=56

I. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments