Cara Installasi Dan Konfigurasi Monitorix Pada Debian Server

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.



A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberi tahu tentang bagaimana cara instalasi monitorix pada debian sever. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.
B. LATAR BELAKANG
     Monitorix merupakan free open source, ringan alat monitoring sistem yang dirancang untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar kita dapat memantau layanan dan sumber daya sistem pada linux.

D. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop atau PC
  • Linux (kali ini saya memakai debian server)
  • Koneksi Internet
  • File Monitorix.deb (kalian dapat download disini LINK)

E. INSTALLASI

1. Setelah anda download masukan ke salah satu folder di server contohnya saya memasukannya di /home dengan sftp atau anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi lain seperti ftp dan samba setelah memiliki file tersebut anda harus mengistall beberapa kebutuhan/depensi dari aplikasi monitorix ini yaitu rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp- server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl , aplikasi depedensi tersebut harus diinstall terlebih dahulu dengan memasukkan perintah berikut :
#apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl- perl


2. Setelah terinstall anda harus berpindah directori ke directori yang memuat file monitorix.deb tadi contoh nya saya ada di directori /home berpindah directori dengan perintah :

#cd /home 

Lalu anda cek file tersebut dengan perintah :

#ls

3. Setelah itu masukkan perintah seperti di bawah ini.

#dpkg -i monitorix_3.10.1-izzy1_all.deb

4. Jika tidak ada error maka sudah dapat dicoba di client , jika ada error maka masukan perintah :

#apt-get install -f



5. Lalu anda reboot server anda dengan perintah berikut :

#reboot


6. Lalu buka monitorix melalui browser client windows atau linux (ubuntu) dengan mengakses http://ipserver:8080/monitorix atau contohnya serperti server saya di http://192.168.42.218 maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.



F. KESIMPULAN

    Setelah terinstall monitorix kita dapat memantau server kita melalui browser client.

G REFERENSI

    Buku debian 7.x whezzy BLC Telkom KPLI-Klaten

H. PENUTUP

    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments