Cara Installasi Dan Konfigurasi Samba Pada Debian 8 Jessie

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberitahu cara install samba file server dan konfigurasinya di debian 8 jessie. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.
B. PENGERTIAN
    Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.

C. LATAR BELAKANG
    File Server memberikan layanan berupa penyediaaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna di dalam suatu jaringan.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar dapat memberikan layanan berupa penyediaaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna di dalam suatu jaringan. File Server sering juga disebut sebagai sistem File Sharing.

E. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Server
  • Internet

F. PEMBAHASAN

1. Pertama kita install samba dengan cara memasukkan perintah berikut :
#apt-get install samba

2. Kemudian anda konfigurasi data atau file yang akan anda sharing, disini folder yang akan saya sharing yaitu /home/irfan/  ,dengan cara berikut :
#nano /etc/samba/smb.conf


3. Pada bagian terbawah silahkan anda tambahkan beberapa baris berikut :

[irfan.net]
path = /home/irfan
browseable = yes
writeable = yes
guest ok = no
public = no
read only = no
security = user  
Kemudian simpan dengan cara ctrl+x, tekan y dan tekan enter.
 Keterangan :
  • path = adalah letak file-file yang akan akan dibagikan
  • browseable = yes berarti bisa dilihat oleh publik
  • security = share berarti tanpa menggunakan password, user berarti menggunakan enkripsi password
  • writeable = yes berarti dapat ditulis dapat di tambahkan file atau folder dari client yang membuka , jika no maka kebalikannya
  • guest ok = berarti ijin untuk tamu atau tanpa password jika yes jika no maka kebalikanya
  • read only = berarti hanya dapat dilihat dan dibaca termasuk menyalin file tapi tidak dapat menambahkan file atau folder kedalamnya jika yes jika no maka kebalikanya
4. Setelah tersimpan silahkan anda masukan user untuk pengguna samba jika anda mengunakan user dengan perintah :
#smbpasswd -a irfan

5. Kemudian restart service samba dengan perintah berikut :
#/etc/init.d/samba restart


6. Setelah itu coba di pc client, saya coba di client linux dengan cara membuka files dan memasukkan smb://ip server di kolom pencarian.kemodian akan muncul seperti gambar berikut double klik pada bagian akses irfan.net.


7. Setelah diklik 2x maka akan muncul kotak dialog untuk memasukan username dan password yang sudah di konfigurasikan tadi silahkan log in seperti gambar dibawah.

8. Setelah anda log in maka anda akan masuk ke folder sesuai dengan yang sudah dikonfigurasi silahkan anda coba untuk upload atau download ataupun menghapus file dan folder di dalamnya.

Tambahan : Jika client memakai windows maka untuk mengaksesnya dengan menekan windows+r dikotak dialog masukkan \\ip server atau \\192.168.42.218 dan untuk mengaksesnya sama seperti cara di linux.


G. KESIMPULAN
    Setelah menginstall program samba kita dapat men-sharing file server ke pc client-client hanya dengan mengaksesnya saja.

H. REFERENSI
    Buku debian 7.x whezzy BLC Telkom KPLI-Klaten

I. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telas berkunjung di blog saya.

WASSALAMUALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments