Fundamental cPanel

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa sih cPanel???. Untuk lebih jelas nya simak artikel kali ini.
B. Latar Belakang
    Dengan cPanel kita dapat dengan memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web.

C. Maksud dan Tujuan
    Agar kita dapat mengetahui tentang apa itu cPanel atau kontrol panel.

D. Pembahasan

   Cpanel atau dikenal juga dengan kontrol panel adalah sebuah halaman aplikasi website terproteksi yang hubungkan Anda dengan program-program pendukung website dalam web server/web hosting. Sejak program pendukung website berada di lingkungan operating system Linux dan cukup kompleks, maka Cpanel menjadi jembatan untuk mempermudah pengelolaan website oleh pengguna.

   Cpanel adalah kontrol panel terproteksi. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Untuk masuk perlu username dan password. Informasi alamat akses Cpanel dan login ada dalam email aktivasi hosting. Cpanel sendiri ditampilkan dalam format web base, yang berarti bisa kita akses melalui browser internet, seperti Opera, Google Chrome, dll.

   Fungsi cPanel adalah sebagai jembatan perintah-perintah teknis ke program-program pendukung website yang berada di web server. Program pendukung website contohnya yaitu database MySQL, Apache/LiteSpeed, PHP,dll. KArena fungsinya sebagai jembatan, maka web designer bisa mengelola kebutuhan website. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

=>Upload file-file website dan database
=>Melihat statistik pengunjung website
=>Membuat atau menghapus alamat email
=>konfigurasi keamanan folder/website
=>Menciptakan email forwarder
=>Membuat atau menghapus nama/user database MySQL
=>Mengatur konfigurasi PHP
=>install instan script website, contohnya wordpress, dll

E. Kesimplan
   Cpanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel program-program pendukung website yang tertanam dalam komputer web server. 

F. Penutup
   Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments