Fundamental Server

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang server. Jadi apa itu server ???. Untuk lebih jelasnya simak dan pahami baik-baik ya.

B. Latar Belakang
   Dalam sebuah jaringan yang terdiri dari lebih dari satu buah komputer, biasanya terdapat konsep klien dan server. Server dan klien adalah dua pihak yang saling berhubungan. Sederhananya, server merupakan penyedia berbagai macam data, dokumen dan hal lainnya yang dibutuhkan oleh klien. Klien membutuhkan server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data / file yang terdapat pada server.

C. Maksud dan Tujuan
   Agar dapat memahami tentang apa itu server.

D.Pembahasan

Pengertian dari server

   Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system). Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Fungsi dari server yaitu:

=>Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
=>Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan semua komputer klien yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa perangkat keras maupun perangkat lunak/aplikasi.
=>Bertanggung jawab dalam mengatur lalu-lintas data.
=>Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
=>Mengatur hak akses (permissions) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat dalam komputer server.
=>Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien.
=>Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.

Fungsi server berdasarkan fungsi

1. Server Aplikasi
   Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

2. Server Data
   Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini dapat di akses oleh client dengna bantuan aplikasi yang ada di server.

3. Server Proxy
   Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

E. Kesimpulan
    Salah satu peran server yang paling penting adalah pada sebuah web hosting. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan web hosting yang tepat untuk mendapatkan server yang berkualitas.

F. Penutup
    Sekian artikal dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments