Hari Pertama Training CISCO | IRFAN BLOGSPOT

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



A. Pendahuluan
     Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang hari pertama training CCNA. Untuk lebih jelasnya simak artikel saya kali ini.

B. Pengertian
    Cisco Systems, Inc. adalah konglomerat teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di San Jose, California, di pusat Silicon Valley, yang mengembangkan, memproduksi dan menjual perangkat keras jaringan, peralatan telekomunikasi dan layanan dan produk berteknologi tinggi lainnya .

C. Latar Belakang
    Mengikuti training CISCO

D. Manfaat Dan Tujuan
     Agar kita lebih tahu tentang apa itu CISCO

E. Alat Dan Bahan
  • Laptop/pc
  • Koneksi Internet
F. Pembahasan
  • Packet Tracer
     Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

     Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

  • GNS3
     GNS3 adalah software permodelan yang berbasis GUI  atau (Graphical User Interface). Software ini bisa dibilang gabungan dari Cisco Paket Tracer dan Virtualbox, akan tetapi software ini lebih menggambarkan kondisi nyata dalam mengkonfigurasi router langsung dibanding dengan Cisco Paket Tracer. GNS3 pun memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco dan juniper. 

     GNS3 sering dipakai sebagai simulator router Cisco, Juniper, Mikrotik dan Virtual Machine. Jarang terlihat GNS3 dipakai untuk simulator Switch tentunya yang manageble seperti switch Cisco. Namun bukan tidak mungkin kalau GNS3 dapat dipakai untuk mengsimulatorkan switch.

  • Macam-Macam Sertifikat CISCO
-Associate Level     : Sertifikasi CCNA
-Professional Level : Sertifikasi CCNP
-Expert Level          : Sertifikasi CCIE

G. Kesimpulan
     Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya meliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

H. Penutup
    Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments