Hari Kesepuluh Training CISCO | IRFAN BLOGSPOT


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 




A.Pendahuluan

    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang hari kesepuluh CISCO. Untuk lebih jelasnya simak artikel saya kali ini.

B. Latar Belakang

   Ingin berbagi materi tentang Etherchanel

C.Tujuan dan Maksud

   Agar pembaca dapat mengetahui apa itu Etherchanel

D. Hasil yang Diharapkan

   Dapat memahami dan dapat mempraktekannya

E.Alat dan Bahan

   -cisco packet tracer
   -internet
   -laptop/komputer


F. Waktu Pelaksanaan

   jam 08.00 sampai jam 22.00

G. Pembahasan

   Etherchannel adalah suatu teknologi trunking yang digunakan oleh switch Cisco catalyst dimana sejumlah fisikal port pada device digabung menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port atau jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur atau port yang lain.

   EtherChannel digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port/jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur / port lain.

   ETHER CHANEL menggunakan teknologi trunking yang digunakan oleh switch Cisco catalyst di mana beberapa port di gabung pada switch di gabung lagi menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group. ( itu digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan reliabilitas )

Protokol yang berkaitan dengan Etherchannel :


•Link Aggregation Control Protocol (LACP)

Link Aggregation Control Protocol merupakan bagian dari spesifikasi IEEE 802.3ad yang mengijinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa port fisikal bersama menjadi sebuah channel logical tunggal.

•Port Aggregation Protocol (PAgP)
 
PAgP membantu pada pembuatan otomatis dari link Etherchannel. Paket PAgP dikirim di antara port yang bisa Etherchannel dalam tujuan untuk negosiasi formasi dari channel.

H. Kesimpulan

    Dari apa yang saya sampaikan kita dapat mengetahui tentang Etherchanel

I. Penutup

   Sekian artikel dari saya, Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Reaksi:

Post a Comment

0 Comments