Cara Menambahkan File ke AutoIndex Pada Localhost Ubuntu / Mint

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.



A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberitahu cara menambahkan file ke dalam autoindex di localhost. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. LATAR BELAKANG
    Autoindex PHP Script merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dapat kita gunakan sebagai file Manager Online. Selain itu Autoindex juga dapat dimanfaatkan sebagai kumpulan direktori file berbasis web (Website Directory Indexer) dan kadang ada yang bingung bagaimana cara menambahkan file ke autoindex.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar dapat menambahkan file atau folder ke dalam autoindex.

D. ALAT DAN BAHAN
  • File yang akan di tambahkan
  • Autoindex yang sudah di install
  • Laptop yang sudah terinstall LAMP

E. PEMBAHASAN

1. Buka terminal kalian dengan cara cepat yaitu tekan ctrl+alt+t, kemudian masuk ke superuser dengan ketikan perintah berikut :
#sudo su
2. Masuk ke directory folder atau file yang akan di masukkan ke autoindex, kalau punya saya ada di directory Documents, kemudian ketikan perintah berikut :
#cd Documents
#ls



3. Kemudian kita copy ke directory autoindex. karena nama file autoindex saya ubah menjadi database maka kita buka ke directory tersebut dengan perintah berikut :

#cp -fr ebook /var/www/html/database


4. Kemudian kita buka directory file atau folder yang telah kita copy
dengan perintah berikut :
#cd /var/www/html/database
#ls


5. Setelah itu kita beri hak akses dan hak milik pada file yang telah di copy tadi dengan perintah berikut :

#chmod -R 755 ebook
#chown -R www-data:www-data ebook




6. Sekarang kita buka localhost/database di browser


F. KESIMPULAN
    Setelah menambahkan file kita dapat menyebutnya sebagai file manager online.

G. REFERENSI
    google

H. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments