Workshop Datacenter Dan Bedah Buku Di BLC Telkom Klaten Bersama Pak Nathan

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat workshop datacenter development & bedah buku di BLC Telkom Klaten yang disampaikan oleh Pak Nathan Gusti Ryan dan XP Solution dari Surabaya. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.
B. LATAR BELAKANG
    Diadakannya workshop datacenter dan bedah buku di BLC Telkom Klaten Pada tanggal 23 Oktober 2018

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar tahu bagaimana cara membangun datacenter yang baik dan benar menurut prosedur yang telah ditentukan.

D. PEMBAHASAN

    Pada sharing kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membangun data centerdalam ruan g server supaya aman dan terpercaya. Berikut rangkumannya :

    Dalam membangun data center ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu :
  1. Installasi Redundant Power Source
  2. Installasi Redundant UPS
  3. Installasi Redundant AC
  4. Installasi Redundant Fire Protection
  5. Installasi Access Cntrol / Door Lock
  6. Installasi CCTV Camera & DVR
  7. Installasi Controller IP Sensor Remote
  8. Installasi Raised Floor
  9. Installasi Kaca Tempered
    Lalu bagaimana sih cara memilih lokasi yang cocok untuk membangun data center ??? Berikut ciri - ciri lokasi yang bagus untuk membangun data center :
  1. Aman dari banjir dan bencana alam ( yang bisa di prediksi )
  2. Aman dari bencana kebakaran
  3. Terdapat sumber jaringan
  4. Terdapat aliran listrik
  5. Jika ruangannya berada di lantai 2 atau lebih kita harus memperhatikan arsitektur bangunan, harus kuat menopang beban ruangan server tersebut.
Hal - hal yang harus diperhatikan untuk membangun ruang server yang baik dan benar adalah :
  1. AC dan alat pemadam kebakaran (fire protection)
  2. Kabel / panel listrik
  3. Pemasangan kaca tempered
  4. Instalasi raised floor
  5. Rak server
  6. Pemasangan kabel
  7. Server
Berikut gambar dokumentasinya :








E. KESIMPULAN
    Itulah yang bisa saya share dalam acara WORKSHOP DATA CENTERDAN BEDAH BUKU kali ini....

F. REFERENSI
  • Pak Nathan Gusti Ryan
  • Mbah Suro Dhemit

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMUALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments