Cara Membuat Virtual Machine Baru Pada VirtualBox

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara membuat virtual machine pada virtualbox. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. PENGERTIAN
    Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunakvirtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasiMS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows atau dengan kata lain yaitu dapat menjalankan sistem operasi lain dalam sistem operasi.

C. LATAR BELAKANG
    Terkadang ada yang masih bingung untuk cara membuat virtual machine.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
    Untuk memudahkan belajar install OS tanpa merusak sistem/repot" boot PC kita.

E. ALAT DAN BAHAN
  • VirtualBox (Jika belum terinstall silahkan install terlebih dahulu di sini)
  • OS yang akan kalian buat virtual
  • PC
F. PEMBAHASAN

1. Pertama kalian buka aplikasi virtualboxnya Kemudian setelah masuk klik menu new

2. Di tampilan "Name and operating system" ada 3 option yaitu Name, Type dan Version.

  1. Name : Di isi dengan sistem operasi yang mau di install
  2. Type : Di isi dengan type OS yang mau di install
  3. Version : Disi dengan versi OS yang mau di install.

Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini...
Saya menggunakan OS ubuntu, bertipe Linux, dan Versinya Ubuntu (32bit)

3. Setalah mengklik next maka akan muncul tampilan "Memory size", di bagian ini adalah bagian mengatur memori atau (RAM) yang mau di alokasinkan untuk vitual machine, dan secara otomatis virtualbox akan memberikan alokasi yang di perlukan oleh sistem operasi yang di gunakan.

4. Dibagian selanjutnya yaitu "Hard drive" di bagian ini kita di perintahkan untuk memilih tipe penyimpan vitual machine kita atau (hard disk), dan virtualbox akan memberikan rekomendasi kapasitas terhadap sistem operasi yang digunakan. virtualbox memberikan 3 option di pemilihan type hard drive ini.

  • Do not add a virtual hard drive, Opsi ini digunakan untuk para master, karena hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah atau setelah pembuatan mesin virtual selesai dilakukan.
  • Create a virtual hard drive now, Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual.
  • Use an existing virtual hard drive, Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada.


5. Setelah kalian mengkilik Create, maka kalian akan masuk bagiam selanjutnya yaitu "Hard drive file type" di bagian ini kita di perintahkan untuk memilih jenis file/extensi dari sebuah hardisk virtual yang akan di buat. dan virtualbox statndarnya mengukan type VDI (Virtualbox Disk Image).

6. Pada bagian ini "Storage on physical hard drive" kita di perintahkan untuk menetukan bagaimana hardisk virtual di simpan di komputer asli. dan virtualbox memberikan 2 option yaitu.

  • Dynamically allocated, Maksudnya kapasitas hard disk asli akan digunakan berdasarkan berapa kapasitas hard disk virtual yang sudah terpakai, dan tidak berdasarkan berapa ukuran hard disk virtual ditentukan. Kapasitas hard disk virtual akan dibatasi berdasarkan ukuran yang telah ditentukan.
  • Fixed size, Maksudnya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan ukuran kapasitas hard disk virtual yang dibuat, meskipun kapasitas hard disk di virtual masih kosong atau belum digunakan.
Saya sarankan memilih Dynamically allocated dan setelah itu klik next.


7. Dibagian ini kita di perintahkan untuk memberi nama tampil sekaligus nama forlder tempat penyimpanan data-data dari virtual machine yang mau di buat. dan di bagian ini, kita juga di perintahkan untuk menentukan berapa besar kapasitas hardisk virtual yang mau di buat. Dan jangan lupa klik "Create" untuk melanjutkan pembuatan.

8. Setelah mengklik Create. maka kita akan langsung melihat sebuah Virtual Machine baru dengan keadaan kosong, yang siap di install dengan sitem operasi yang telah kita tentukan.

G. KESIMPULAN
    Virtualbox berfungsi untuk mempervitaulisasikan Operating sistem tampa kita kena boot/biosnya karena OS virtual tersebut berada dalam OS Utama

H. REFERENSI
    https://dosen.gufron.com/tutorial/panduan-membuat-mesin-virtual-di-virtualbox/16/

I. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.


WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: