Macam-Macam Mode Jaringan Pada VirtualBox

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis jaringan pada virtualbox. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.
B. LATAR BELAKANG
    Dalam virtualbox pasti ada bermacam-macam mode jaringan untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar tahu mengenai macam-macam jaringan pada virtualbox.

D. ALAT DAN BAHAN
  • VirtualBox
E. PEMBAHASAN


  • Not attached (tidak terpasang)
    Jika kita memillih opsi ini, berarti Komputer virtual kita telah memiliki jaringan, hanya saja tidak ada koneksi pada jaringannya, seolah-olah hanya kaartu jaringan saja tanpa ada kabel atau colokan.

  • NAT (Network Address Translation)
    NAT adalah jaringan default dari virtualbox,Pada mode jaringan ini akan membuat mesin virtual yang kita buat otomatis terhubung ke internet secara langsung. Dalam mode ini mesin virtual dapat mengubungi (PING) ke computer asli/host, tetapi computer asli/host tidak dapat menghubungi mesin virtual/guest.

  • NAT Network
    Mode Nat Network atau Jaringan Nat ini baru dikenalkan pada VirtualBox versi 4.3. yang memungkin mode jaringan seperti halnya Router rumahan, pengelompokan sistem jaringan dan dapat mencegah sistem dari jaringan luar.

  • Internal Network
    Jenis adapter ini hanya bisa menghubungkan sesama komputer guest dan tidak bisa terhubung dengan komputer Host serta jaringan real.

  • Host-Only Adapter
    Jenis adapter ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer guest dengan komputer Host. Pada komputer Host kita atur terlebih dahulu IP address pada interfaces Host-only adapternya.

  • Generic Driver
    Mode ini adalah mode yang dapat memungkinkan pengguna untuk memilih driver yang disertakan dengan Virtual Box atau didistribusikan dalam paket ekstensi.

F. KESIMPULAN
    Dengan Mengetahui mode jaringan pada virtualbox.

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: