Perbedaan Mikrotik, Mikrotik RouterOS, Routerboard

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang apa sih perbedaan Mikrotik, Mikrotik RoutetrOS, Routerboard. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. LATAR BELAKANG
    Karena RouterOS & RouterBoard bisa membantu dalam hal mengatur sebuah jaringan sekaligus juga sebagai server yang menyediakan berbagai fitur server.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar lebih memahami apa itu Mikrotik, MikroTik routerOS dan MiktroTik RouterBoard. Sekaligus cara konfigurasi awalnya

D. PEMBAHASAN

    MikroTik adalah perusahaan yang berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

    MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

    Routerboard adalah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Fitur - Fitur Mikrotik routerOS

Penanganan Protokol TCP/IP:
  1. Firewall dan NAT
  2. Routing - Static routing
  3. Data Rate Management
  4. Hotspot
  5. Point-to-Point tunneling protocols
  6. Simple tunnels
  7. Ipsec
  8. Web proxy
  9. Caching DNS client
  10. DHCP
  11. Universal Client
  12. VRRP
  13. UpnP
  14. NTP
  15. Monitoring/Accounting
  16. SNMP
  17. M3P
  18. MNDP
  19. Tools

Layer 2 konektivitas
  1. Wireless
  2. Bridge
  3. Virtual LAN
  4. Synchronous
  5. Asynchronous
  6. SDN
  7. SDSL

Level RouterOS dan Kemampuannya

    Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing - masing, mulai dari level 3, hingga level 6. Secara singkat, level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wireless client atau serial interface, level 5 untuk wireless AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun.Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (200 pengguna), level 5 (500 pengguna) dan level 6 (tidak terbatas).

E. KESIMPULAN
    MikroTik adalah sebuah perusahaan sedangkan routerOS adalah sistem operasi dan perankat lunak yang dikembangkan MikroTik. Lalu RouterBoard adalah router yang diproduksi oleh MikroTik dan Routerboardsebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash dan memiliki fungsi hampir semua fitur jaringan maupun server.

F. REFERENSI
    mikrotik.id

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments