Perbedaan Sinyal Digital Dan Sinyal Analog

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas mengenai sinyal digital dan sinyal analog. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini. 

B. LATAR BELAKANG
    Banyak yang belum mengetahui jika signal atau sinyal itu di bagi menjadi beberapa jenis, maka dari itu saya memposting materi ini untuk membantu teman teman semua yang perlu atau ingin belajar tentang signal/sinyal.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar mengetahui tentang apa itu sinyal digital dan sinyal analog

D. PEMBAHASAN

    Sinyal adalah suatu isyarat untuk melakukan melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya sinyal ini berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu atau suara suara dll.
  • Sinyal Digital

    Sinyal yang bekerja dengan mengubah sinyal menjadi kombinasi angka 0 dan 1 atau angka biner. Tetapi transmisinya tidak bisa bekerja terlalu jauh. tetapi tidak terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah dan akurat. Tetapi transmisi data melalui sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau data yang relatif dekat.

    Sinyal digital juga termasuk Baseband, memuat denyut vontase yang di transmisikan melalui media kawat. Signal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog yaitu :

  1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  2. Penggunaan yang berulang
  3. Ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informsi itu sendiri.
  4. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk

  • Sinyal Analog

    Bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk cotinue dengan menggunakan sinyal analaog maka jangkauan transmisi dapat mencapai jarak yang jauh. Signal analog adalah sinyal yang berupa gelombang elektro dan bergerak atas dasar frekuensi. Satu siklus lengkap terjadi pada saat gelombang pada titik nol. Menuju gelombang tertinggi pada geombang. menurun ke tegangan negatif dan menurun lagi ke titik nol.

    Sinyal analog digunakan untuk menampilkan data  analog . Sinyal analog di sebut juga broadband karena merupakan gelombang gelombang elektronik yang bersifat continue dan bervariasi dan di transmisikan melali media tergantung transmisinya.
Berbagai contoh sistem analog :
  1. Perekam pita magnetic
  2. Penguat audio
  3. Suara

E. KESIMPULAN
    Sinyal adalah suatu cara untuk melanjutkan sebuah pekerjaan atau kegiatan, bisa berupa suara, gambar dll. sinyal di bagi menjadi 2 yaitu analog dan digital.

F. REFERENSI
    https://id.wikipedia.org/wiki/Modulasi
    https://id.wikipedia.org/wiki/Sinyal_Digital

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaar dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: