Apa Itu MAC Address ?

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu MAC address. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. LATAR BELAKANG
    Dalam jaringan pasti ada yang namanya mac address, jadi kali ini kita akan membahas mengenai mac address.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar mengetahui dan memahami tentang apa itu MAC address.

D. PEMBAHASAN

    MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Huruf dan angka dalam MAC address yaitu 0-9 dan A-F dengan 6 byte.

Cara Kerja MAC address

    MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.

E. KESIMPULAN

    Jadi MAC address, merupakan singkatan dari “Media Access Control”, adalah sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap network card komputer, atau switch, atau router, atau access point, atau apapun yang mungkin dihubungkan ke jaringan.

F. REFERENSI

    https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_MAC

G. PENUTUP

    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: