Pengalaman Saat Training MTCNA 3 | IRFAN BLOGSPOT

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pemahaman saya saat training MTCNA. Untuk lebih jelasnya simak artikel saya kali ini.

B. Latar Belakang
    Saat kita training, kita mempelajari tentang NAT, QOS, dan tunnel.

C. Tujuan

     Tujuan saya membuat blog ini yaitu,saya ingin berbagi sedikit atas apa yang saya ketahui saat belajar bersama Pak Ziad Sobri,yang membahas tentang cara-cara yang dilakukan di mikrotik saat training MTCNA

D. Pembahasan

  • NAT (network address translation)
Fitur Rules
  1. Foward : Digunakan untuk memproses trafik paket data yang hanya melewati router.
  2. Output : Digunakan untuk memproses trafik paket data yang keluar dari router.
  3. Dstnat : Mengubah destination address pada sebuah paket data.
  4. Srcnat : Mengubah source address dari sebuah paket data.

Fitur Action
  1. Accept : Menerima paket.
  2. Dst-nat : Menggantikan alamat tujuan dari sebuah paket ke IP ditentukan oleh nilai nilai to address dan parameter ke-port 
  3. Masquerade : Menggantikan sumber alamat IP dari sebuah paket ke otomatis ditentukan oleh alamat fasilitas routing IP.


  • QOS ( Quality Of Service )
    Merupakan suatu fitur yang digunakan untuk melakukan limitasi bandwidth. Dimikrotik ada dua parameter limitation, yaitu sebagai berikut :
  1. Maximum Information Rate (MIR): up-to, limit bandwidth, max-limit.
  2. Romitted Information Rate (CIR)  : guarantee bandwidth, limit-at.

  • Tunnels
    Digunakan untuk memperluas jaringan privat dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ketiga. Untuk konfigurasinya meliputi PPTP, L2TP, SSTP, dan PPPoE.
    Tahapan pada PPPoE :
  1. PADI --> PPPoE Active Discovery Inisialisasi
  2. PADO --> PPPoE Active Discovery Over
  3. PADR --> PPPoE Active Discovery Request
  4. PADS --> PPPoE Active Discovery Session

E. Kesimpulan

    Untuk mengikuti ujian sertifikasi MTCNA, alangkah baiknya pahami dan teliti materi nya agar dapat lulus dalam ujian sertifikasi MTCNA.

F. Referensi

    Pak Ziad Sobri

G. Penutup

    Sekian materi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments