Training Bersama Pak Ziad Sobri MTCRE 2 | IRFAN BLOGSPOT

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan

     Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pemahaman saya saat training MTCRE. Untuk lebih jelasnya simak artikel saya kali ini.

B.  Latar Belakang

    Saat kita training, kita mempelajari tentang routing dan vlan.

C. Tujuan

     Tujuan saya membuat blog ini yaitu,saya ingin berbagi sedikit atas apa yang saya ketahui saat belajar bersama Pak Ziad Sobri,yang membahas tentang cara-cara yang dilakukan di mikrotik saat training MTCRE

D. Pembahasan

    Pada awalnya beliau menjelaskan apa yang disebut routing itu. Lalu beliau mejelaskan Apa itu Routing OSPF. Lalu bagaimana penerapanya di MikroTik. Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator.

    Kemudian beliau menejalaskan beberapa hal Mengenai VLAN di MikroTik. VLAN merupakan sebuah metode yang sering digunakan untuk mendistribusikan beberapa segment jaringan yang berbeda pada perangkat router dengan interface ethernet fisik yang terbatas. Dengan VLAN ini kita bisa membuat sebanyak 4095 segment LAN dalam sebuah interface. Dalam pembuatan VLAN terdapat sebuah parameter utama yaitu Core Port (Tagged) dan Edge Port (Untagged). Mungkin pada istilah lain kedua parameter tersebut lebih dikenal sebagai Trunk Port dan Access port. Nah dari penjelasan diatas mungkin sangat singkat sekali namun sebenarnya yang dilakukan pada Training MTCRE kebanyakan adalah Meng-Lab.

E. kesimpulan 

    VLAN merupakan sekelompok dari beberapa perangkat yang berada dalam satu LAN yang telah dikonfigurasi sehingga perangkat tersebut menjadi selayaknya dalam satu jaringan yang sama, jadi untuk konfigurasi VLAN alangkah baiknya pahami konsep dan topologi yang dibuat agar tidak mengalalami kesulitan dalam konfigurasi.

F. Referensi

    Pak Ziad Sobri

G. Penutup

         Sekian materi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments