Hardware Software Dan Brainware Pada Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang hardware, software, dan brainware. Untuk lebih jelasnya simak artikel saya kali ini.

B. Latar Belakang
   Sebagai orang TKJ, kita harus tahu tentang hardware, software, dan brainware.
C. Tujuan Dan Maksud

   Agar pembaca dapat mengetahui hardware, software, dan brainware.

D. Hasil Yang Diharapkan

   Dapat mendapatkan memahami lebih dalam tentang komputer

E. Pembahasan

     Komputer memiliki 3 komponen penting yang berguna untuk menjalankan sistem komputer, jadi kerja atau jalannya komputer bergantung pada ke-3 komponen utama tersebut. Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang belum benar-benar paham tentang 3 komponen utama pembangun sistem komputer ini. Karena itu kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Pengertian 3 komponen utama komputer yaitu Hardware, Software dan Brainware Lengkap dengan Contohnya. 
Langsung saja kita simak dan membahas mengenai Hardware, Software, dan Brainware.

1. Hardware (Perangkat Keras) adalah salah satu komponen yang ada pada komputer yang bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. adapun contoh dari Hardware ini di antaranya adalah:
  • Perangkat Input (Masukan) : Yaitu sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) data dari pengguna yang akan diproses oleh komputer/laptop. Contohnya seperti : Keyboard, Mouse, scanner, Microphone, touchpad, light pen, barcode, joystick dan lain sebagainya.
  • Perangkat Proses : yaitu sebuah Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya seperti Processor.
  • Perangkat Output (Keluaran) : yaitu sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan dari komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Comtohnya seperti : Monitor, Speaker, printer,dll
2. Software (Perangkat Lunak) : yaitu kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan sebuah perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
  • Sistem operasi : Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. contoh dari sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
  • Program aplikasi : Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
  • Utillity atau program bantu : Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan lain-lain.
  • Bahasa Pemrograman : Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. contoh bahasa pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.
3. Brainware (Pengguna) : Yaitu Manusia itu sendiri yang menggunakan atau mengoperasikan komputer/laptop, Tanpa adanya brainware/manusia, komputer tidak bisa dijalankan sama sekali. Maka, peran brainware sangatlah penting sehingga komputer akan bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya. proyektor, plotter dan lain sebagainya.

F. Kesimpulan
    Dari apa yang saya sampaikan semoga kita dapat memahami tentang hardware, software, dan brainware.

G. Penutup
    Sekian artikel dari saya, Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments