Cara Menembak Hostpot Di Mikrotik Agar Konek Dengan Internet

Assalamu'alaikum Wr. Wb.




A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan memberitahu cara agar mikrotik dapat konek dengan internet menggunakan hostpot atau wifi. Untuk lebih jelasnya simak dan pahami artikel saya dibawah ini.

B. Pengertian
    Wi-fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan untuk bertukan data ataupun informasi tanpa menggunakan kabel atau wireless melalui jarigan komputer, termasuk  dengan koneksi berkecapatan tinggi.

C. Latar Belakang
    Untuk konek internet dengan mikrotik dapat dengan mudah dengan mencolokkan kabel internet pada ether1, namun jika kita tidan ada kabel internet maka kita dapat menembak hotspot agar konek dengan internet.

D. Tujuan dan Maksud
   Agar dapat mengkonfigurasi mikrotik supaya dapat terhubung dengan internet.

E. Hasil Yang Diharapkan
   Agar dapat menghubungkan mikrotik dengan internet menggunakan wifi atau tidak menggunakan kabel.

F. Konfigurasi

   Sebelum tahap konfigurasi kita setting wired kita ke manual dulu yaitu ke Wired setting kemudan pilih dhcpnya manual terlebih dahulu agar bisa konfigurasi winbox terlebih dahulu, yaitu kita isi


address : 192.168.88.2
netmask: 24
gateway: 192.168.88.1

   kenapa saya buat settingan seperti itu, karena itu settingan default router mikrotik yaitu 192.168.88.1

Langkah - langkah konfigurasinya :

1. Masuk ke menu interface terus ceklist wlannya atau aktifkan wlannya

2. Terus klik 2x wlan tadi yang sudah diaktifkan lalu modenya pilih "station bridge" kemudian pilih scan di bagian kanan layar.

3. Setelah pilih scan maka akan muncul banyak hotspot yang terdetek di mikrotik kita, karena saya menembak hotspot blc telkom 2 maka saya klik 2x blc telkomnya lalu klik connect.

4. Setelah itu kita setting wlan kemudian kita buat dhcp client dengan cara IP--->DHCP client

5. Kita pilih interfacenya wlan 1  karena wlan 1 yang ada internetnya dan jika sudah apply ok kemudian di bagian status akan muncul status bound itu berarti kita telah diberi ip oleh hotspot yang kita tembak.



6. Setelah setting DHCP client kita masuk ke DNS dengan cara IP--->DNS kemudian centang atau ceklis "allow remote acces" kemudian apply lalu ok.




7. Setelah itu kita setting firewallnya lebih tepatnya di firewallnya IP--->Firewall masuk ke menu NAT lalu pilih tanda + (plus).

8. Di kolom General kita setting chain menjadi srcnat dan out interfacenya wlan1 .Tambahan :" srcnat digunakan untuk mengubah source address dari sebuah paket data "

9. Setelah itu kita masuk ke kolom action lalu actionnya ganti ke masquerede kemudian apply ok.Tambahan :" masquerede digunakan untuk menyamarkan ip kita"



10. Setelah kita setting agar router kita mendapatkan internet dari hotspot yang kita tembak tadi sekarang kita setting agar laptop yang kita gunakan juga mendapatkan akses internet. Caranya : kita beri ip ke kamputer kita karena saya menancapkan kabel utp ke ether 2 jadi saya setting ip ke ether 2 setelah setting ip untuk komputer kita di IP--->addresess lalu aply ok

11. Kemudian kita beri DHCP server untuk ether 2 dengan car IP-->DHCP server kemudian pilih DHCP Setup. Pada saat kita DHCP setup kita pilih next next saja.






12. Setelah kita setting DHCP server kita kembalikan settingan wired kita DHCPnya kita buat automatic lagi agar bisa konek. Kemudian kita cek lewat browser kalau bisa akses internet berarti sukses, dan jika belum berarti ada settingan yang  salah coba cek lagi.



G. Kesinpulan
   Itulah artikel yang saya buat semoga kita dapat memahaminya.

H. Penutup
   Sekian artikel dari saya, Terima kasih telah berkunjung di blog saya. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments