Cara Memblock Situs Menggunakan Layer 7 Pada Mikrotik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam postingan kali ini saya akan memberitahu tentang cara memblock situs menggunakan layer 7 di mirotik. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel  dibawah ini.

B. Pengertian
   Layer 7 adalah layer aplikasi yang berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur begaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protocol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.

   Layer 7 adalah metode yang digunakan untuk mencari pola dalam ICMP/TCP/UDP stream. Cara kerja layer7 adalah 10 paket koneksi pertama atau 2kb koneksi pertama dan mencari pola/pattern data yang sesuai dengan yang tersedia. Jika pola ini tidak ditemukan dalam data yang tersedia, matcher tidak memeriksa lebih lanjut.

C. Latar Belakang
    Terkadang kita tidak tahu pengguna jaringan kita mengakses apa saja, untuk itu kita perlu pencegahan agar terhindar dari hal yang buruk dengan memblokir situs yang dirasa negatif.

D. Maksud dan Tujuan
   Agar pengguna tidak dapat mengakses situs yang di block.

E. Konfigurasi

1. Kita masuk ke firewall denan cara IP ===> Firewall kemudian pilih kolom layer 7

2. Kemudian tambahkan dengan cara klik tanda (+) dibagian pojok kiri, lalu isikan alamat situs yang igin kita block. Sebagai contoh saya akan memblock youtube. Setelah diisi kemudian klik apply dan ok.

3. Setelah itu kita masuk ke menu Filter Rules dan tambahkan, pilih Chain dengan forward di menu General.

4. Jangan di Apply dan OK dulu, karena setelah itu kita masuk di menu advanced dan isi di Layer 7 Protocol dengan youtube.com karena tadi saya ingin memblock youtube pada langkah ke-2. jika kalian mengisi dengan situs lain juga akan muncul situs yang akan diblock.

5. Kemudian pilin menu Action pada tab Action kita pilih drop, karena kita ingin memblokir web tersebut dan menjatuhkan paketnya, kemudian pilih Apply dan OK.

6. Sekarang kita coba cek apakah situs tersebut sudah di blok atau belum, jika sudah pasti akan loading terus browsernya, seperti gambar dibawah ini.

F. Kesimpulan
   Itulah artikel dari saya, semoga kita dapat memahaminya.

G. Penutup
   Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments