Fundamental Firewall

Assalmu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan
    Selamat datang di blog saya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang firewall. Untuk lebih jelasnya simak dan pahami artikel saya di bawah ini.

B. Latar Belakang
    Memahami tentang firewall.

C. Tujuan Dan Maksud
    Agar kita dapat mengetahui apa itu firewall.

D. Hasil Yang Diharapkan
    Dapat memahami tentang apa itu firewall.
E. Pembahasan

   Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang memonitor dan mengontrol lalu lintas jaringan masuk  dan keluar berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan. Firewall biasanya menetapkan penghalang antara jaringan internall terpecaya dan jaringan eksternal yang tidak terpecaya, seperti internet.

   Istilah firewall awalnya mengacu pada dinding yang dimasukkan untuk membatasi api di dalam gedung. Pengggunaan selanjutnya mengacu kepada struktur serupa, seperti lembaran logam yang diterapkan pada akhir 1980-an untuk teknologi jaringan yang muncul ketika internet cukup baru dalam hal penggunaan global dan konektivitasnya. Pendahuluannya firewall untuk keamanan jaringan adalah router yang digunakan pada akhir 1980-an.

   Definisi firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke/dari jaringan pribadi (privat Network). Firewall dapattt diimplementasikan dalam perangkat keras dan perangkat lunak, atau kombnasi keduanya. Firewall sering digunakan untuk internet, terutama intranet. Semua pesan masuk atau  keluar dari internet melewati firewall, firewall bertindak sebagai pengawas (controller) setiap pesan dan memblok jika tidak memenuhi kriteria tertentu.

Atribut penting dalam firewall, Yaitu :
  • Semua jaringan komunikasi melewati firewall
  • Hanya lalu lintas resmi yang diperbolehkan oleh firewall
  • Memiliki kemampuan untuk menhan serangan internet
Fungsi Firewall :

    Fungsi firewall sebagai pengontrol, mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan. Fungsi firewall mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privatyang dilindungi, beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data melewatinya atau tidak, antara lain :
  • Alamat IP dari komputer sumber
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber
  • Alamat IP dari komputer tujuan
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
    Secara spesifik fungsi fungsi firewall adalah melakukan auntifikasi terhadap akses ke jaringan. Aplikasi proxy fire-wall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi.

Manfaat Firewall
  • Manfaat firewall adalah untuk menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan. Sebagai contoh, FTP (File Transfer Protocol) lalu lintas dari jaringan komputer organisasi dikendalikan oleh fire-wall. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna di jaringan mengirim file rahasia yang disengaja atau tidak sengaja kepada pihak lain.
  • Manfaat firewall sebagai filter juga digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi file, dan berain-main di jaringan. Aplikasi jenis ini berguna terutama dalam sektor korporasi.
  • Manfaat firewall lainnya adalah untukmemodifikasi paket data yang datang di fire-wall. Proses ini disebut Network Address Translation (NAT). Ada jenis NAT disebut NAT dasar, dimana alamat IP pribadi dari jaringan komputer yang tersembunyi dibalik satu alamat IP tertentu. Proses ini disebut sebagai IP samaran. Hal ini membantu pengguna dalam sebuah jaringan yang meliputi sistem tanpa nomor IP publik yang beralamat, untuk mengakses internet.
  • Akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dll, sangat penting bagi setiap perkembangan bisnis. Jika informasi tersebut diubah oleh sumber eksternal, maka akan memberikan dampak merugikan. Manfaat firewall disini adalah mencegah modifikasi data yang tidak sah di website.
F Kesimpulan
    Dari apa yang saya sampaikan semoga kita dapat memahami tentang apa itu firewall.

G. Penutup
    Sekian artikel dari saya, Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments