Cara Membuat VM (Virtual Mechine) Baru Di Proxmox

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caara membuat VM pada proxmox. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik atikel dari saya. 

B. LATAR BELAKANG
    Sebelum kita menginstall OS di proxmox, pasti kita harus membuat sebuah virtual mechine (VM).

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar dengan satu server yang kita punya, kita dapat menambahnya jika kita kekurangan perangkat.

D. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Server yang sudah terinstall proxmox
E. PEMBAHASAN

1. Pertama login proxmox terlebih dahulu melalui web browser.

 2. Kemudian klik tombol Create VM pada pojok kanan atas.

3. Kemudian akan muncul tab, lalu masukkan nama VM yang akan kalian buat. Setelah itu klik next.

 4. Selanjunnya akan dibawa ke tab OS, karena saya ingin menginstall OS Linux jadi saya pilih "Linux 4.X/3.X/2.6 Kernel", bila kalian ingin menginstall OS yang lain maka kalian pilih sesuai yang kalian inginkan. Jika sudah klik Next.

5.  Kemudian kita pilih install menggunakan CD / File ISO, saya memilih install menggunakan File ISO yaitu debian. Jika sudah klik Next.

6. Kemudian akan dibawa ke tab Hard Disk, lalu kalian tentukan ukuran hard disk kalian, jangan sampai melebihi kapasitas penyimpanan kalian. Setelah itu klik Next.

7.  Kemudian pilih CPU yang ingin kalian gunakan. Setelah itu klik Next.

8. Setelah itu kita tentukan Memory yang akan kita pakai. saya disini memakai 2 Gb. Setelah itu klik Next.


9. Dibagian Network kalian klik saja.

10. Dibagian Confirm merupakan rincian apa saja yang telah kita tentukan tadi. pastikan semuanya sudah benar. kemudian klik Next

11. Pembuatan VM Baru Telah Selesai, jika Berhasil maka di bagian "Datacenter" maka akan muncul Vm Baru yang sudah kalian buat tadi

F. REFERENSI
    https://www.proweb.co.id/articles/proxmox/create_vm.html

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakassih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments