Cara Mengatasi Grub Rescue Paling Ampuh

Assalamu'alaikum Wr. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara mengatasi grub rescue. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini. 

B. LATAR BELAKANG
    Biasanya setelah kita menginstall sebuah OS kadang memiliki masalah, yaitu tidak memiliki grub dan kita tidak bisa masuk ke sistem operasi kita.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
     Agar dapat memperbaiki laptop yang mengalami kerusakan grub.

D. ALAT DAN BAHAN
    PC yang mengalami grub eror

E. PEMBAHASAN
grub rescue>ls
nanti akan muncul banyak partisi, lalu ingat2 tempat partisi root anda lalu ketikkan perintah di bawah satu persatu

grub rescue>set prefix=(hd0,msdos1)/boot/grub
grub rescue>set root=(hd0,msdos1)
grub rescue>insmod normal
grub rescue>normal
(hd0,msdos1)  ganti dengan tempat partisi root anda.

jika sudah ketemu  tunggu aja proses berjalan maka sistem akan rebooting sendiri.

Selanjutnya masuk ke linux kalian. kemudian perbaiki grub loader linux kalian. dengan mengetikan perintah berikut di terminal :
#sudo grub-install  /dev/sda
#sudo update-grub
 
 
F. KESIMPULAN
    Jangan mudah mengambil keputusan untuk melakukan instal ulang sebelum mencari cara penyelesaiannya terlbih dahulu.

G. REFERENSI
    https://www.sudoway.id/2016/05/memperbaiki-error-grub-rescue-di-linux-2.html

H. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments