Apa Itu EoIP (Ethernet Over IP) Tunnel ?

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu EoIP Tunnel. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel dari saya. 

B. LATAR BELAKANG
    EoIP Merupakan protocol pada Mikrotik RouterOS yang berfungsi untuk membangun sebuah Network Tunnel antar MikroTik router di atas sebuah koneksi TCP/IP.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
     Agar kita maksud dan paham mengenai apa itu eoip tunnel

D. PEMBAHASAN

    EoIP merupakan protocol pada Mikrotik RouterOS yang berfungsi untuk membangun sebuah Network Tunnel antar MikroTik router di atas sebuah koneksi TCP/IP. EoIP merupakan protokol proprietary MikroTik (support juga di linux tetapi harus di-compile manual). Maka untuk menggunakan fitur ini, router di Head Office dan router di Branch Office harus sama - sama menggunakan router MikroTik. EoIP menggunakan Protocol GRE (RFC1701).

    EoIP menggunakan protocol GRE ( Generic Routing Encapsulation ) protokol tunneling yang dikembangkan oleh Cisco Systems yang dapat merangkum berbagai macam protokol lapisan jaringan di dalam jaringan virtual point-to-point melalui jaringan Protokol Internet.

    IPIP adalah sebuah protocol sederhana yang mengekapsulasi paket ip dalam ip untuk membuat tunneling diantara dua router. EoIP tunnel memiliki keuntungan yaitu :
  1. Komunikasi jaringan jarak jauh layaknya dalam satu jaringan
  2. Lebih efisien

E. KESIMPULAN
    Dengan menggunakan tunneling kita dapat menghubungkan dua jaringan menggunakan protokol GRE sehingga dapat saling terhubung.

F. REFERENSI
    https://id.wikipedia.org/wiki/IP_tunnel
    http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=91

G. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: