Perbedaan ZIP, GZIP, RAR, Dan 7Zip Pada File Compress

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan file zip, gzip, rar, dan 7-zip. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. PENGERTIAN
    File compress atau data compression adalah sebuah cara dalam ilmu komputer untuk mendapatkan data sehingga hanya memerlukan ruang penyimpanan lenih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data.

C. LATAR BELAKANG
    Agar kita tahu perbedaan macam-macam file compress sehingga kita dapat tahu bagaimana cara compressnya dan ekstraknya.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
   Agar mengetahui tentang macam-macam file compress dan mengetahui perbedaannya

E. PEMBAHASAN
  • ZIP

Format zip merupakan format yang paling banyak digunakan di internet. Jika kalian megirimkan arsip RAR keseseorang, mungin orang tersebut tidak memiliki WinRAR untuk mengekstrak arsipnya, hal ini dapat saja membuat anda untuk memilih format ZIP. Kalian juga dapat mengirimkan arsip berjenis self-extracting yang memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, tetapi dapat mengekstrak dirinya sendiritanpa program apapun. Keuntungan ZIP adalah kecepatan proses penciptaan arsip yang lebih cepat daripada arsip RAR.

  • RAR

Format rar menciptakan kompres / tekanan yang mantap / padat jika dibandingkan dengan format zip. Kelebihan RAR lainnya adalah mendukung multivolume dan format RAR memppunyai beberapa hal penting yang tidak ada pada format zip. Yaitu kemampuan RAR untuk mengkonstruksi file yang rusak, pelindung / kunci arsip, dan meindungi arsip penting yang tidak senganja di modifikasi. Format RAR dapat menangani ukuran file yang tak terbatas, sedangkan maksimum dari satu file ZIP hanya 2 GB.

  • GZIP

GZIP adalah software kompresi zip versi GNU, fungsinya untuk mengompresi sebuah file. GZIP hanya dapat digunakan untuk mengompress satu file saja, tidak untuk compress satu folder atau direktori.Ekstensi dari GZIP adalah .gz .  Level kompresi dapat diubah sesuai keinginan kita, antara 1 sampai 9 (semakin tinggi level maka agak lambat dalam mengompressnya tapi ukuran file bisa ditekan seminimal mungkin.)

  • 7-ZIP

7-ZIP adalah program aplikasi utilitas open source pengarsip, yang berguna untuk mengompress dan mengektrak file. Software ini dikembangkan oleh Igor Pavlov. Perangkat lunak ini memiliki kelebihan pada rasio pengompresiannya dibandingkan dengan software sejenis WinRAR dan WinZIP. selain itu software ini bersifat open source yang bebas digunakan secara gratis tanpa batassan waktu dan biaya. ukuran file programnya juga sangat kecil sehingga tidak memakan banyak tempat pada hardisk anda.


F. KESIMPULAN
    Jadi itulah macam-macam file compress dan juga perbedaannya.

G. REFERENSI
    Kompresi data wiki

H. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.


WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi:

Post a Comment

0 Comments