Apa Itu BASH Pada Linux ?

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN
    Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu bash pada linux. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini.

B. LATAR BELAKANG
    Bash adalah Unix Shell dan Bahasa  Perintah yang ditulis oleh Brian Fox untuk proyek GNU sebagai pengganti perangkat lunak bebas untuk Bourne Shell.

C. LATAR BELAKANG
    Mempelajari tentang apa itu bash.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
    Agar mengetahui tentang apa itu Perintah bash.

E. PEMBAHASAN

    Bash adalah sebuah shell Unix dan command Line Interface (CLI) language yang dibuat oleh Brian Fox untuk project GNU sebagai salah satu software gratis yang menggantikan keberadan Bourne shell. Bash shell direlease pada tahun 1989, dan telah didistribusikan secara meluas sebagai default shell untuk system Operasi GNU dan juga sebagai default shell untuk Linux dan OS X. Dan kabar gembira untuk pengguna windows, karena pada windows 10 redstone telah mulai direlease bash command sebagai linux subsystem, dan rencananya akan di publikasikan pada bulan juni 2016.

    Bash adalah prosessor perintah yang biasanya berjalan di jendela teks, dimana pengguna jenis perintah yang menyebabkan tindakan. Bash juga dapat membaca perintah dari file yang disebut script.Soal penamaan, Bash adalah singkatan dari Bourne Again Shell yang merupakan versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne.

    Nama Bash diambil dari sebuah akronim (kependekan /singkatan) yang mengacu pada sejarah dirilisnya shel unix ini. Bash merupakan singkatan dari Bourne-again shell, yang mengacu pada sal muasal dirilisnya shell unix ini yang menggatikan Bourne shell.

F. KESIMPULAN
    Bash adalah sebuah shell Unix dan Command Line Interface pada sebuah linux, tetapi sekarang sudah ada pada windows.

G. REFERENSI
  • https://www.gnu.org/software/bash/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Bash_(Unix_shell)
H. PENUTUP
    Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Reaksi: